Rabu, 18 Oktober 2017

KEBUTUHAN KALSIUM PADA TERNAK AYAM

Kalsium adalah mineral berwarna putih atau putih kekuningan, bersifat basa dan tidak terdapat dalam bentuk bebas. Bagi ayam sendiri, kalsium merupakan unsur yang sangat esensial dalam pembentukan tulang dan kerabang telur. Kalsium yang terkandung dalam kerabang telur berbentuk kalsium karbonat (CaCO3).

 Secara aktif kalsium diserap oleh vili-vili usus. Kemudian pola absorpsi atau penyerapannya diatur oleh suatu mekanisme yang dikenal dengan nama Gate Keeper, yaitu suatu pola dimana jika proses metabolisme di dalam tubuh tidak memerlukan kalsium, maka absorpsinya tidak akan terjadi, dan demikian pula sebaliknya.
Tinggi rendahnya kebutuhan kalsium pada ayam juga dipengaruhi oleh kondisi ayam. Ketika ayam berada dalam kondisi cekaman/stres, maka ayam akan menggunakan kalsium yang terdapat pada tulang dalam jumlah banyak.
Selain sebagai penyusun tulang dan kerabang telur, kalsium masih memiliki fungsi lain, yaitu:
Mengatur kerja sistem syaraf
Membantu dalam mekanisme penyerapan vitamin B12
Mengatur kontraksi otot
Penting untuk pertumbuhan yang normal

Pembentukan kerabang telur membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak dan salah satunya dipenuhi melalui penyerapan kalsium dari tulang. Normalnya, kalsium tersebut akan diganti dari kalsium dalam ransum. Namun pada saat terjadi kekurangan kalsium dan fosfor, penggantian kalsium ini tidak berlangsung dengan baik. Akibatnya tulang menjadi keropos, dan akhirnya ayam susah berdiri dan seolah-olah lumpuh.

Kondisi inilah yang sering disebut lelah kandang. Kasus lelah kandang akan semakin diperparah dengan perkembangan kerangka yang kurang optimal karena ayam petelur dipelihara dalam kandang baterai sehingga kurang pergerakan. Saat lelah kandang terjadi, produksi telur juga akan terhenti akibat asupan kalsium dalam tulang berkurang.

Manfaat Kalsium dan Fosforpada ayam ras petelor

Stress panas mengurangi ambilankalsium dan konversi vitamin D3 menjadi bentuk metabolit aktifnya

1,25(OH)2D3 yang esensial untuk absorbsi dan penggunaan kalsium.
Kebutuhan kalsium pada ayam petelur khususnya yang lebih tua akan meningkat pada lingkungan bersuhu tinggi. 
Untuk menanggulangi pengaruh ini, tambahan kalsium harus disediakan sebanyak 1 gram / ekor berupa grit kulit kerang, maupun limestone. Suplementasi harus dilakukan di atas tingkat kalsium
pakan yang normal (3,75 g/ekor/hari) yang direkomendasikan untuk ayam petelur. Meskipun demikian kelebihan kalsium mengurangi konsumsi pakan akibat keterbatasan fisiologis yang
mempengaruhi selera makan atas kalsium. Di samping meningkatkan spesifikasi pakan, kalsium harus disajikan terpisah sebagai pilihan bagi unggas. 

Hasil yang lebih baik diperoleh dengan memberikan sumber kalsium
pada siang hari. Ukuran minimum sumber kalsium yang mampu memperbaiki retensi gizzard adalah
sekitar 1 mm.

Tingkat fosfor dalam pakan tidak boleh  dilupakan karena kelebihan fosfor akan menghambat pelepasan kalsium tulang dan pembentukan kalsium karbonat dalam kelenjar kerabang sehingga dapat mengurangi kualitas kerabang telur. 



1 komentar:

  1. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.
    Siap kirim ke seluruh kota di indonesia.
    Terimakasih

    BalasHapus